Akulah Guru dan Tuhan Yahya Pasal 13 : 13

key word: Akulah Guru dan Tuhan Yahya Pasal 13 : 13, jawaban Akulah Guru dan Tuhan Yahya Pasal 13 : 13

Ayat-ayat bibel seperti ini sudah sering kita dengar sebagai dalil atau argumen yang dilonterkan orang Kristen yang menyaakan bahwa ada ayat di dalam Bibel yang menyatakan bahwa Yesus mengakui bahwa dirinya adalah Tuhan. seperti yang tertulis di atas
Kamu menyebut aku guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan Tuhan. Yohanes 13:13

Namun bila kita teliti ayat ini, ternyata makna ayat ini bukanlah aku guru dan Tuhan melainkan aku guru dan tuan..  kenapa hal ini bisa terjadi.
bila kita cek Kata tuan dalam ayat di atas adalah terjemahan dari kata mar dalam bahasa Ibrani/Aramaic yaitu bahasa sehari-hari Yesus, kata " mar" biasa diberikan kepada orang yang dihormati dan di taati. akan tetapi ketika bibel diterjemahkan ke berbagai bahasa kata tersebut yang seharusnya Tuan berganti menjadi Tuhan..

yakni ketika kata "Mar" (dalam bahasa ibrani) diterjemahkan kedalam bahasa Yunani yakni KURIOS.

Perubahan kata tuan menjadi Tuhan terjadi ketika kata MAR dalam bahasa Ibrani yang berarti tuan, diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi KURIOS, kata kurios dalam bahasa Yunani memiliki empat arti yaitu :

 

-- Pemilik -- tuan -- tuhan - Tuhan --


Rupanya para penginjil mengartikan kurios sebagai Tuhan dalam ayat tersebut, padahal semestinya arti yg sesuai dengan ucapan Yesus dan tdk bertentangan dengan ayat-ayat yg lain adalah tuan.

Dari uraian di atas baik ditinjau dari segi tata-bahasa Ibrani ke Yunani dan ditinjau dari keserasian dengan ucapan-ucapan Yesus yang lain, maka pengakuan Yesus yang sesungguhnya adalah :

 

AKULAH GURU DAN TUAN
Bukan
AKULAH GURU DAN TUHAN


Sehingga tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab Yesus pernah mengatakan akulah Tuhan, tetapi akan banyak ditemukan ayat-ayat pengakuan Yesus bahwa dirinya hanyalah utusan Allah dan bahwa hanyalah Allah satu-satunya Tuhan yang benar dan Esa.

fakta lain jika ayat tersebut berarti Tuhan maka akan bertentangan dengan puluhan ayat bibel yang lainnya yang menyatakan bahwa Yesus adalah Utusan Allah (Rasul) bukan Tuhan.
misal:

"Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah Engkau utus." Yohanes 17:3..

wallahu a'lam

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama