Jawaban "Muhammad = Ummi (sekedar Buta Huruf sajakah)?

1. muhammad = seorang nabi yang ummi (sekedar buta huruf saja kah??)

qs 7:157-158
(Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Tuarat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang maaruf dan melarang mereka dari mngerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka, Maka orang-orang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengukuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (alquran), mereka itulah orang-orang yang beruntung. katakanlah : Hai anak manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan selain Dia, yang menghidupkan dan mematikan, nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimatNya (kitab-kitabNya) dan ikutilah dia supaya kamu mendapat petunjuk.

Those who follow the apostle, the unlettered Prophet (al-nabiyya al-ummiyya), whom they find mentioned in their own (scriptures), - in the law and the Gospel; - for he commands them what is just and forbids them what is evil; he allows them as lawful what is good (and pure) and prohibits them from what is bad (and impure); He releases them from their heavy burdens and from the yokes that are upon them. So it is those who believe in him, honour him, help him, and follow the light which is sent down with him, - it is they who will prosper." Say: "O men! I am sent unto you all, as the Apostle of God, to Whom belongeth the dominion of the heavens and the earth: there is no god but He: it is He That giveth both life and death. So believe in God and His Apostle, the Unlettered Prophet (al-nabiyyi al-ummiyyi), who believeth in God and His words: follow him that (so) ye may be guided." S. 7:157-158 Y Ali

2. ummi = orang yg tidak tahu tulis baca, orang musyrik, dan orang yang tidak diberi Alkitab

qs 3:20
Kemudian jika mereka mendebatkan kamu (tentang kebenaran islam), maka katakanlah : Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikuti aku. dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Alkitab dan kepada orang-orang yang ummi: apakah kamu (mau) masuk islam, Jika mereka masuk islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk dan jika mereka berpaling maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah) dan Allah Maha Melihat akan hamba-hambaNya.

catatan kaki :
- 3 tafsiran tentang Ummi = orang yang tidak tahu tulis baca, orang musyrik arab yang buta hurup dan orang2 yang tidak diberi Alkitab

"And if they argue with thee, (O Muhammad), say: I have surrendered my purpose to Allah and (so have) those who follow me. And say unto those who have received the Scripture and those who read not (al-ummiyyeena). Have ye (too) surrendered? If they surrender, then truly they are rightly guided, and if they turn away, then it is thy duty only to convey the message (unto them). Allah is Seer of (His) bondmen." S. 3:20 Pickthall

3. ummi = orang arab/orang fasik

qs 3:75
Diantara ahli kitab ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya harta yang banyak dikembalikannya kepadamu; dan di antara mereka ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya satu dinar, tidak dikembalikannya kepada mu, kecuali kamu selalu menagihnya. Yang dimikian itu lantaran mereka mengatakan: tidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang ummi. mereka berkata dusta terhadap Allah padahal mereka mengetahui.

catatan kaki : ummi = orang arab.

Among the People of the Scripture there is he who, if thou trust him with a weight of treasure, will return it to thee. And among them there is he who, if thou trust him with a piece of gold, will not return it to thee unless thou keep standing over him. That is because they say: We have no duty to the Gentiles (al-ummiyyeena). They speak a lie concerning Allah knowingly. S. 3:75 Pickthall

4. ummi = orang yang tidak mengerti Alkitab/orang fasik/kafir

qs 62:2
Dia lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf (ummi) seorang Rasul di antara mereka yang membacakan ayat-ayatNya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka kitab dan hikmah (As sunnah). dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.

It is He Who has sent amongst the Unlettered (al-ummiyyeena) an apostle from among themselves, to rehearse to them His Signs, to sanctify them, and to instruct them in Scripture and Wisdom, - although they had been, before, in manifest error; - S. 62:2 Y. Ali

arti : ummi as ‘illiterate’, or ‘who cannot read or write’, or ‘unlettered’. Some modern scholarship is critical of this meaning, suggesting that it actually referred to the Prophet’s status with regard to the Abrahamic tradition, namely, that ‘one not of those who read the Scriptures’, or ‘gentile’. (sumber : http://altafsir.com/Tafasir.asp?tMadhNo ... No=7&tAyah No=157&tDisplay=yes&UserProfile=0)

5. ummi = orang tukang dongeng dan menduga-duga saja.

qs 2:78
Dan di antara mereka ada yang buta huruf tidak mengetahui Alkitab (Taurat) kecuali dongeng bohong belaka dan mereka hanya menduga-duga.

Among them are unlettered folk (ummiyyoona) who know the Scripture not except from hearsay. They but guess. S. 2:78 Pickthall

Kesimpulan :

muhamad disebut ummi
1. orang yang buta hurup tidak bisa cara tulis
2. orang yang bodoh karena sampai mati pun tetap buta hurup
3. orang musyrik
4. orang arab
5. orang yang tidak diberi Alkitab
6. orang yang tidak mengerti Alkitab
7. orang fasik
8. orang kafir
8. orang tukang cerita dongeng bohong
9. orang tukang menduga-duga, gak jelas dan plin plan.

apa yang anda harapkan muslim dari muhamad nabi anda yang punya gelar ummi ini??


















Jawab
1. QS 7:157-158

Saya lihat tidak ada yang bermasalah dengan ayat-ayat ini.. hanyak orang-orang yang tidak tahu bahasa saja yang tidak bisa memahami ayat-ayat ini, sehingga menyudutkan Nabi Muhammad yang Ummi (yang menurutnya ummi itu tidak hanya buta huruf).
Arti ummi, semua sepakat ummi adalah orang yang buta huruf, tidak tahu membaca dan menulis. ingat, artinya tidak tahu baca tulis.. mari kita jawab satu persatu ayat-ayat berikut.
157. (yaitu) orang-orang yang mengikut rasul, nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka[574]. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka Itulah orang-orang yang beruntung.



2. QS 3:20

20. Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), Maka Katakanlah: "Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku". dan Katakanlah kepada orang-orang yang Telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: "Apakah kamu (mau) masuk Islam". jika mereka masuk islam, Sesungguhnya mereka Telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, Maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). dan Allah Maha melihat akan hamba-hamba-Nya.
Pada ayat ini jelas menyatakan bahwa yang dimaksud dari Ummi adalah orang yang tidak tahu baca tulis. Tidak ada penjelasan bahwa Ummi itu telah diberi al-Kitab atau tidak diberi Alkitab. Rasulullah Saw., di turunkan al-Qur’an tetap saja disebut ummi. Ummi itu sifatnya tetap tidak bisa baca dan tulis. Tidak bisa baca tulis bisa menimpa siapa saja. Baik ia beriman ataupun kafir. Diberi al-Kitab atau tidak diberi Al-Kitab. Contohnya seperti yang ditulis sendiri pada QS. 2:78
78. Dan diantara mereka ada yang buta huruf, tidak mengetahui Al Kitab (Taurat), kecuali dongengan bohong belaka dan mereka Hanya menduga-duga.
orang-orang yahudi yang menerima al-kitab tapi tidak bisa baca tulis sehingga mereka tidak bisa memahaminya. Jelas makna ummi yang berarti orang yang tidak mendapatkan al-Kitab terbantahkan. Dan tidak memiliki dasar.
ayat ini perintah yang ditujukan kepada Rasulullah untuk berda’wah kepada kaum ahli kitab dan orang-orang arab. Karena orang-orang arab mayoritas tidak bisa membaca dan menulis. dan ini terjawab pada QS 3:75 yang kata Ummi tersebut diperuntukan kepada orang-orang arab.
75. Di antara ahli Kitab ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya harta yang banyak, dikembalikannya kepadamu; dan di antara mereka ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya satu dinar, tidak dikembalikannya kepadamu kecuali jika kamu selalu menagihnya. yang demikian itu lantaran mereka mengatakan: "Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang ummi. mereka Berkata dusta terhadap Allah, padahal mereka Mengetahui.

3 QS 3:75

75. Di antara ahli Kitab ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya harta yang banyak, dikembalikannya kepadamu; dan di antara mereka ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya satu dinar, tidak dikembalikannya kepadamu kecuali jika kamu selalu menagihnya. yang demikian itu lantaran mereka mengatakan: "Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang ummi. mereka Berkata dusta terhadap Allah, padahal mereka Mengetahui.
Ayat ini juga tidak bisa dikatakan bahwa Ummi adalah orang fasik!! Hanya orang yang goblok yang memahami dari ayat ini Ummi berarti orang fasik. Penyebutan Ummi ini diperuntukan kepada orang arab, karena mayoritas orang arab pada saat itu tidak bisa baca tulis. Termasuk Rasulullah Saw., sendiri tidak bisa baca tulis. Maka disebut orang Arab itu orang-orang yang ummi. Ummi tidak berarti orang fasik.

4. QS. 62:2


2. Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan hikmah (As Sunnah). dan Sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata,
Orang yang goblok dan tololah yang mengartikan Ummi pada ayat ini adalah ummi = orang yang tidak mengerti Alkitab/orang fasik/kafir. Memang begitulah orang-orang yang sangat cetek ilmunya tidak bisa memahami Al-Qur’an, jangankan berbahasa arab yang terjemahan saja tidak bisa. Ummi itu tetap berarti tidak bisa baca tulis (buta huruf). Bisa menimpa siapa saja, baik yang mukmin maupun kafir, ayat ini jelas Ummi menimpa kepada orang orang yang belum beriman (tersesat).
kita tentunya dapat memahami , seorang yang buta huruf, ditambah lagi tidak diturunkan wahyu atau tidak dibimbing oleh Rasul, tentunya akan tersesat. Dan di sini Rasulullah diutus untuk membacakan ayat-ayat kepada mereka dan mengajari mereka. Di akhir kalimat di ayat sudah jelas disebutkan, “Sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata”. Baca kalimat “sebelumnya” mereka yang buta huruf dulunya pasti berada dalam kesesatan. Karena tidak bisa baca tulis, tidak bisa mengkaji mana yang salah mana yang benar.
di situlah tugas Rasulullah untuk menyelamatkan mereka. Menujukan mereka jalan yang lurus.
Dan Rasulullah jelas tidak termasuk orang-orang ummi yang dimaksud, karena Rasulullah telah diberi petunjuk diberi wahyu. Sehingga beliau tidak tersesat sebagaimana orang-orang ummi lainnya karena beliau diberi wahyu.

5. QS. 2:78

78. Dan diantara mereka ada yang buta huruf, tidak mengetahui Al Kitab (Taurat), kecuali dongengan bohong belaka dan mereka Hanya menduga-duga.
Yang kelima juga sama, semakin memperlihatkan kebodohan orang yang tidak bisa memahami terjemahan al-Qur’an apalagi al-Qur’an yang berbahasa Arab.
Di sini sangat jelas arti ummi adalah orang yang tidak bisa baca tulis. Karena tidak bisa baca tulis, makanya tidak mengetahui isi al-Kitab. Yang mereka tahu apa?, tahunya mereka hanya menduga-duga, mendongeng. Apakah ummi di sini berarti pendongeng??? Jelas tidak..
Apalagi konteks ayat ini ditujukan kepada orang Yahudi.


Kesimpulan.
Mari kita ulangi kesimpulan yang telah dibuat,

muhamad disebut ummi
1. orang yang buta hurup tidak bisa cara tulis
2. orang yang bodoh karena sampai mati pun tetap buta hurup
3. orang musyrik
4. orang arab
5. orang yang tidak diberi Alkitab
6. orang yang tidak mengerti Alkitab
7. orang fasik
8. orang kafir
8. orang tukang cerita dongeng bohong
9. orang tukang menduga-duga, gak jelas dan plin plan.

apa yang anda harapkan muslim dari muhamad nabi anda yang punya gelar ummi ini??

Kesimpulan ini tidak lebih dari kesimpulan yang tidak memiliki argument, kesimpulan orang yang bodoh, tidak bisa memahami terjemahan apalagi Al-Qur’an yang berbahasa Arab.
Kesimpulan yang benar adalah:
1. Ummi tetap berarti : orang yang tidak bisa baca tulis.
2. ummi bisa menimpa siapa saja, baik ia orang yang beriman, kafir, musyrik, di beri al-Kitab ataupun tidak diberi al-Kitab.
3. jadi seorang yang disebut Ummi tidak bisa dikatakan ia telah beriman, atau ia kafir, atau ia musyrik dan lain-lain. Ummi ya Ummi tidak tahu baca tulis.
4. Nabi Muhammad yang Ummi, jelas berarti Nabi yang tidak tahu baca tulis.





1/Post a Comment/Comments

  1. mkasih banyak.
    ini penting untuk diketahui agar kita tidak terkecoh dengan propaganda-propaganda yang berbahaya ini.. dan dibeberapa blog muslim ternyata ada juga yang menulis bahwa Rasulullah Saw., benar-benar bisa membaca dan menulis...

    secara tidak langsung ini tentunya membenarkan argumen orang-orang kristen ini.. bagaimana kita menyikapi ini..

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama