Imam Hasan Al-Basri Rahimahullah Mengkritik Penguasa di Muka Umum

Imam Hasan Al Bashri langsung menghardik & mempermalukan si penguasa Dzolim Al Hajjaj bin Yusuf Ats Tsaqafi di depan umum
dikisahkan bahwa ketika Hajjaj membangun rumah mewah antara Kufah dan Bashrah. Lalu dia mengundang rakyatnya untuk mendoakan dirinya. tiba-tiba Imam Al Hasan Al Bashri datang. Ia lalu berkata :

لقد نظرنا فيما أبتنى أخبث الأخبثين، فوجدنا أن فرعون شيد أعظم مما شيد، وبنى أعلى مما بنى، ثم أهلك الله فرعون، ليت الحجاج يعلم أن أهل السماء قد مقتوه، وأن أهل الأرض قد غرّوه
فقال قائلهم: حسبك يا أبا سعيد، حسبك ..
فقال له الحسن: لقد أخذ الله الميثاق على أهل
العلم ليبيننه للناس ولا يكتمونه

Kita telah menyaksikan di sini sebuah rumah yang didirikan oleh orang yang terburuk diantara orang-orang yg buruk . Sungguh, Fir’aun dulu pun telah membangun bangunan yang lebih besar dari ini. kemudian ia dibinasakan oleh Allah. Celaka lah Al Hajjaj tidakkah ia mengetahui bahwa penduduk langit telah mengutuk dia (atas perbuatannya ini) dan penduduk bumi telah menipu dia (dengan meridhai perbuatannya ini) !!
salah seorang mereka ( yg diundang oleh AL Hajjaj) berkata : Cukup... cukup... Wahai abu said !!
Imam Al Hasan Al Bashri pun berkata kepada mereka ( yg membela Al hajjaj) :
Sungguh Allah telah mengambil janji dari kami yakni para ahli ilmu (Ulama Rabbani ) , untuk menyampaikan kebenaran dan tidak menyembunyikannya.. !!
[Ushûl al-Wushûl ilâ AlLâh, 1/130]

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama