Apakah Yesus adalah Tuhan karena ia dapat mengampuni DOSA ?

Membantah, menjawab, mengkritisi YEsus adalah tuhan karena ia dapat mengampuni dosa, apakah benar yesus mampu mengampuni dosa berkuasa?



Salah satu dari argumen yg sering dikemukakan sahabat Kristiani adalah karena Yesus (alaihisalam) dapat mengampuni dosa, karenanya Yesus (alaihisalam) adalah Tuhan, seperti didemonstrasikan dalam Injil berikut ini :

Markus 2:5-10
5 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!" 6 Tetapi di situ ada juga duduk beberapa ahli Taurat, mereka berpikir dalam hatinya:
7 Mengapa orang ini berkata begitu? Ia menghujat Allah. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?
8 Tetapi Yesus segera mengetahui dalam hati-Nya, bahwa mereka berpikir demikian, lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu berpikir begitu dalam hatimu?
9 Manakah lebih mudah, mengatakan kepada orang lumpuh ini: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalan?
10 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" --berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--: 

Seperti yg kita baca, Yesus dapat mengampuni dosa seseorang dan memiliki kemampuan untuk melakukannya.
Tapi pernahkah sahabat Kristiani membaca bagian ini :Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa

Perhatikan bahwa Yesus mengatakan bahwa di dunia, Anak Manusia ber(memiliki)kuasa untuk mengampuni dosa ?
Maka akan menjadi sebuah pertanyaan pada diri sendiri, darimana Yesus mendapatkan kuasa untuk mengampuni dosa ?
Apakah Yesus yg memiliki kuasa ini ?
Mari kita lihat apa yg Yesus katakan tentang siapa yg memberinya kuasa ini, dan setelah kita melakukannya, kita akan sepenuhnya menangkap konteks dalam ayat di atas.

Yohanes 13:3
Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepadanya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah
Yohanes 17:6-8
6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepadaku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepadaku dan mereka telah menuruti firman-Mu.
7 Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepadaku itu berasal dari pada-Mu.
8 Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepadaku telah kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus aku.

Pernahkah sahabat Kristiani menyertakan ayat ini bersamaan dengan ayat yg mereka gunakan sebagai pembuktian bahwa Yesus memiliki kemampuan mengampuni dosa ?Dan saat ayat ini tidak dibawa bersamaan dengan ayat yg dimaksud, bukankah ini sama artinya dengan meninggalkan info krusial dan penting yg akan mengakibatkan kehilangan gambaran utuh dari Yesus ?
Seperti yg kita lihat dari ayat di atas (terutama bagian yg di bold), Yesus sendiri menyatakan bahwa SEMUA yg dia miliki adalah pemberian dari Bapa-Nya (Tuhan). Ini berarti bahwa semua keajaiban yg dapat dilakukannya adalah pemberian Tuhan, dan fakta bahwa Yesus memiliki kemampuan untuk mengampuni dosa adalah karena kemampuan itu diberikan oleh Tuhan sehingga Yesus mampu melakukan suatu tindakan luar biasa atas kuasa Tuhan-Nya.

Jika Yesus dapat melakukan kemampuan menakjubkan karena kemampuannya sendiri, tentunya sahabat Kristiani memiliki backup argumen yg sangat baik, sayangnya, bukan itu yg terjadi.

Selebihnya, Allah lebih tahu mana yg terbaik.

1/Post a Comment/Comments

  1. Mark 2:10
    Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --:

    Stephanus Textus Receptus 1550
    ἵνα δὲ εἰδῆτε ὅτι ἐξουσίαν ἔχει ὁ υἱὸς τοῦ ἀνθρώπου ἀφιέναι ἐπὶ τῆς γῆς ἁμαρτίας λέγει τῷ παραλυτικῷ

    Trans : ina de eidēte oti exousian echei o uios tou anthrōpou epi tēs gēs aphienai amartias legei tō paralutikō

    ἁμαρτίας (amartias) = SIN = DOSA

    Yoh. 20:23
    Jikalau kamu MENGAMPUNI DOSA ORANG, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."

    Stephanus Textus Receptus 1550 ΚΑΤΑ ΙΩΑΝΝΗΝ 20:23

    αν τινων αφητε τας αμαρτιας αφιενται αυτοις αν τινων κρατητε κεκρατηνται

    Trans : an tinōn aphēte tas amartias aphientai autois an tinōn kratēte kekratēntai

    ἁμαρτίας (amartias) = SIN = DOSA

    Ternyata yang BISA MENGAMPUNI DOSA MANUSIA LAIN BUKAN CUMA YESUS, TAPI SETIAP MANUSIA BISA MENGAMPUNI DOSA MANUSIA LAIN

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama