Sobat Remaja, Raih Cita-citamu dan Jangan Minder!!


MINDER adalah lawan dari percaya diri atau PD. Remaja yang minder biasanya menarik diri dari pergaulan. Dia lebih memilih diam dan hidup sendiri dalam dunianya. Remaja model begini enggan bergaul dengan teman sesama dan selalu menaruh curiga pada orang lain. Walhasil tidak banyak orang mau jadi temannya dan rasa mindernya jadi semakin berlipat-lipat.
Banyak faktor penyebab remaja minder. Bisa jadi karena factor lingkungan, didikan keluarga, atau karakter. Namun apa pun itu penyebabnya, remaja minder tak bisa dibiarkan begitu saja. Sifat negatif ini akan menjadi batu pengganjal bagi seorang remaja untuk meraih cita-citanya. Oleh karena senyampang belum ‘kebablasan’ rasa minder yang ada pada diri seorang remaja, harus segera ditemukan obat penangkal atau penyembuh dari rasa minder ini.
Pertama, tidak bisa tidak seorang remaja harus memahami dirinya dulu. Tanpa pemahaman yang benar akan diri, sulit bagi seseorang untuk bisa berubah dan menjadi sembuh. Ibaratnya orang yang sedang sakit, dia harus sadar dulu bahwa dirinya sakit dan butuh obat. Tanpa kesadaran ini, yang bersangkutan akan menolak keras untuk diobati. Nah, fase ini harus diperkenalkan pada diri remaja yang stok minder dalam dirinya sudah berlebih. 
….Harus ditanamkan pada diri bahwa dirinya sama berharganya dengan orang lain….
Remaja ini harus tahu tentang nilai dirinya. Karena rasa minder yang ada biasanya hadir ketika seseorang menilai dirinya rendah. Jadi harus ada perubahan pola pikir yang nantinya berimbas ke pola sikap untuk mengatasi rasa minder ini. Harus ditanamkan pada diri bahwa dirinya sama berharganya dengan orang lain. Dirinya adalah sosok yang berarti dan menyenangkan. Asupan-asupan positif seperti ini harus terus ditanamkan hingga akhirnya menjadi sebuah keyakinan bahwa memang dirinya berharga dan pantas dihargai.
Bila langkah pertama ini sudah berhasil, maka langkah selanjutnya adalah perubahan dalam pola sikap. Pola sikap ini mudah dirubah ketika pola pikirnya sudah berubah pula. Membuka diri adalah langkah yang harus ditempuh untuk mengatasi rasa minder. Membuka diri artinya membiarkan orang lain tahu tentang diri kita dalam hal ini remaja yang minder tersebut.
Keyakinan akan nilai diri yang tinggi dan berharga, membuat remaja tak lagi menutup dirinya. Bila ia sudah mau membuka diri, maka orang lain pun akan dengan mudah membuka diri baginya. Dan ketika ini terjadi, tanpa sadar remaja yang minder tadi telah menjelma menjadi sebuah peribadi yang menyenangkan dan penuh percaya diri.
Inti dari semua hal di atas, adalah kemauan untuk berubah dan berani mencoba. Bila belum apa-apa, remaja sudah takut tanpa alasan, maka sampai kapan pun ia tak akan berubah menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan. Fase seperti ini cenderung biasa dialami oleh remaja yang memang sedang mencari jati diri. Yang penting, kadar minder ini tak boleh sampai melampaui batas hingga melumpuhkan cita-cita yang pernah dirajut sebelumnya.
….Jauhkan rasa minder dalam diri kamu. Raih cita-citamu setinggi mungkin, dan jangan jadikan rasa minder itu merampas mimpi-mimpimu….
Nah sobat remaja, jauhkan rasa minder dalam diri kamu dan mulailah hidup dengan keoptimisan dan rasa percaya diri yang tepat. Raih cita-citamu setinggi mungkin dan jangan jadikan rasa minder itu merampas mimpi-mimpimu. Wish you luck ^_^ [riafariana/voa-islam.com]

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama