KARYA SYAIKH AL-UTSAIMIN


Nama Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah bukanlah nama yang asing bagi kita. Beliau dilahirkan di kota Unaizah -Arab Saudi- pada tanggal 27 Ramadhan tahun 1347 H. Beliau termasuk murid terkemuka di antara sekian banyak murid ahli tafsir masa kini yang masyhur yaitu Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah -sang penulis kitab tafsir Taisir Al-Karim Ar-Rahman fi Tafsir Kalam Al-Mannan-.

Beliau juga pernah belajar Sahih Bukhari dan karya-karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah kepada Syaikh Abdul Aziz bin Bazz rahimahullah -mantan mufti agung kerajaan Arab Saudi-. Syaikh Al-Utsaimin memiliki metode mengajar yang sangat menarik dan efektif. Beliau sering melakukan diskusi dan tanya jawab dengan murid-muridnya. Beliau menyampaikan pelajaran dengan semangat tinggi dan penuh ketenangan, serta berusaha sebisa mungkin untuk memahamkan ilmu kepada orang lain dengan cara yang termudah.

Selama lima puluh tahun lebih beliau telah bekerja keras; dengan memberikan pelajaran, menyebarkan ilmu, memberikan nasihat, pengarahan/bimbingan, dan berdakwah di jalan Allah. Banyak sekali karya beliau yang telah diterbitkan; baik berupa rekaman ceramah, kitab, kumpulan fatwa, dan lain sebagainya. Beliau termasuk ulama yang memiliki kedalaman ilmu, pemahaman terhadap dalil Al-Kitab maupun As-Sunnah dan menguasai kaidah pengambilan hukumnya, dan memahami kaidah bahasa Arab dan sastranya. Pada tahun 1414 H beliau mendapatkan anugerah penghargaan internasional dari Raja Faishal atas jasanya berkhidmat kepada umat Islam. Beliau memiliki lima orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan. Beliau wafat di kota Jeddah menjelang maghrib pada hari Rabu tanggal 15 Syawwal tahun 1421 H [dalam usia 74 tahun]. Jenazahnya dishalatkan di Masjidil Haram pada hari Kamis setelah shalat ashar, kemudian ribuan pelayat yang turut menshalati jenazahnya pun ikut mengantarkan penguburan jenazah beliau dalam suatu peristiwa besar yang sangat membekas di hati umat manusia. Dan akhirnya jenazahnya dikuburkan di Mekah Al-Mukarramah, semoga Allah merahmati beliau serta mengampuni dosa-dosanya, serta menempatkannya di surga Firdaus yang tinggi. [Diringkas dengan beberapa perubahan dari Biografi beliau yang ditulis oleh Lajnah Ilmiyah Mu'assasah Syaikh Al-Utsaimin Al-Khairiyah dalam Ensiklopedi karya beliau yang diterbitkan dalam versi e-book oleh islamspirit.com].

Bagi anda yang ingin membaca karya-karya beliau -terutama bagi yang bisa membaca kitab berbahasa Arab- dan merasa kesulitan untuk memperoleh versi yang asli/cetakan, alhamdulillah telah terdapat edisi e-book yang memuat kumpulan karya-karya beliau dan bisa didownload secara gratis di situs www.islamspirit.com. Kitab-kitab yang terdapat di dalam Ensiklopedi tersebut antara lain :
1. Asma’ullah wa Shifatuhu wa mauqif Ahlis Sunnah minha
2. Al-Ushul min Ilmi Ushul
3. Al-I’tidal fi Da’wah
4. Al-Khilaf bainal Ulama’
5. Asy-Syarh Al-Mumti’ ‘ala Zadil Mustaqni’
6. Al-Qawa’id Al-Mustla fi Shifatillahi wa Asma’ihil Husna
7. Al-Qaul Al-Mufid ‘ala Kitab At-Tauhid
8. Tafsir Al-’Allamah Al-Utsaimin
9. Hukmu Tarikish Shalah
10. Syarh Al-Arba’in An-Nawawiyah
11. Syarh Riyadhush Shalihin
12. Kitabul ‘Ilmi
13. Mushthalah Al-Hadits
14. Huquq da’at ilaihal fithrah
15. Syarh Aqidah Wasithiyah
16. Syarh Tsalatsatil Ushul
17. Aqidah Ahlis Sunnah wal Jama’ah
18. Majalis Syahri Ramadhan
19. Dan masih banyak lagi yang lainnya

Selamat mengkaji, dan semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama