Skandal Seks Gereja Belum Habis: Terungkap Lagi Pastur Cabul AS

Rabu, 31 Mar 2010


WASHINGTON (voa-islam.com) – Seakan belum cukup skandal seks mewarnai gereja Vatikan, satu lagi kasus pelecehan seksual terungkap. Pelakunya adalah seorang pastur di AS.

Pastur Ernesto Garcia Rubio terlibat dalam sejumlah tindak pencabulan di AS. Lebih dari lima orang korban melaporkan tindakan tak beradab ini. Kuasa hukum dari seorang korban pendeta Garcia, mengirimkan sebuah dokumen yang dilansir news.com.au, Rabu (31/3/2010).

Korban yang berjenis kelamin laki-laki tersebut melalui kuasa hukumnya mengaku dicabuli saat remaja. Informasi lain menyebutkan duta besar Vatikan di AS, Papal Nuncio, diminta pihak gereja Miami untuk melindungi Pendeta Garcia setelah pindah dari Kuba sejak 1968, usai pelanggaran moral yang dilakukannya.

“Ia pengurus di Miami sekitar 30 tahun dan selama itu pun kita mengetahui ribuan korban yang pernah dia cabuli,” ungkap Jessica Arbour, kuasa hukum dari seorang korban pencabulan yang tak ingin disebutkan namanya.

Kasus ini telah bergulir ke pengadilan Miami tahun lalu dan sebuah pernyataan di internet menyebutkan perkataan direktur komunikasi dari Archdiocese Miami, Mary Ross Agosta, bahwa tim kuasa hukum korban tidak mengerti kinerja di gereja.

Agosta malah mengatakan gereja di Miami justru mengutamakan perhatian terhadap seluruh kasus kekerasan terhadap anak. Arbour juga menuding Paus Benediktus XVI melindungi pelaku pedofil saat masih menjabat sebagai Uskup Agung di Roma. Hingga kini, belum ada keterangan dari pihak Vatikan mengenai laporan ini. [taz/inlh]

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama